secangkir kopi banaran untuk mengawali hari

Hampir satu minggu terakhir ini saya mencoba kopi baru, yaitu kopi Banaran. Kopi hitam Banaran merupakan olahan biji-biji kopi yang dipilih dari kebun PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) di Semarang, Jawa Tengah.

Kopi Banaran yang sudah diseduh akan berwarna kecoklatan, seperti halnya kopi jenis Robusta lainnya. Ampasnya gampang mengendap, jadi saya tidak perlu repot menyaring ampas kopinya terlebih dahulu jika ingin menikmatinya hangat-hangat.

Bubuk kopi Banaran lebih lembut dan gampang larut dengan air. Namun untuk soal rasa, menurut saya masih kurang ‘nendang’ dibandingkan dengan kopi Aceh atau Blandongan.

Kopi Banaran sudah dikemas dalam wadah yang cukup eksklusif, sehingga bisa dijadikan alternatif oleh-oleh untuk teman pecinta kopi tradisional. Satu kemasan kopi Banaran 250gr dijual seharga Rp 12.500,00 dan kopi tersebut jika disimpan dengan baik dapat bertahan hingga dua tahun lamanya.

Kopi yang khas ini juga dapat dinikmati di beberapa coffeehouse Banaran 9 Coffee and Tea yang sudah tersebar di beberapa tempat, yaitu : di daerah Bawen – Semarang, Jln. Adi Sucipto – Solo, daerah Majenang – Cilacap, dan daerah Gemawang – Semarang.

2 responses to “secangkir kopi banaran untuk mengawali hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s