Pemakaian Motif Parang

Motif parang merupakan salah salah satu motif batik yang sangat populer karena disainnya yang sederhana dan sarat muatan filosofis. Berikut beberapa hal yang harus diketahui untuk melengkapi tulisan mengenai motif parang pada batik yang sebelumnya sudah dimuat di blog ini…

Kenapa motif parang tidak boleh dikenakan pada pernikahan?

Menghadiri undangan pernikahan dengan mengenakan pakaian bermotif parang sebenarnya boleh-boleh saja, yang tidak dianjurkan bermotif parang adalah busana yang dipakai oleh pasangan pengantin. Tentu saja hal ini berkaitan dari filosofi motif parang itu sendiri.

Motif parang merupakan simbol dari perjuangan dan juga kecerdasan. Dengan adanya dua karakter ini dikhawatirkan rumah tangga yang akan dibangun nantinya justru penuh adu pendapat, yang justru bisa memicu cek-cok berkepanjangan dan merusak keharmonisan berumahtangga. Jadi, pasangan pengantin lebih dianjurkan untuk memakai motif sido mukti, sido asih, dan sido luhur untuk hari besar mereka.

Siapa yang boleh mengenakan motif parang?

Sekarang ini sering kita menjumpai orang-orang mengenakan motif parang, padahal dulu motif parang hanya digunakan oleh kalangan keraton dan raja saja. Ini tidak terlepas dari sejarah penciptaan motif parang itu sendiri. Konon, jika kita mengunjungi keraton Jogja dengan pakaian bermotif parang, maka kita akan disuruh berganti pakaian sebagai bentuk menghormati budaya setempat karena motif parang tersebut dianggap menyamai pakaian raja.

Motif parang dengan mereka yang menuntut ilmu…

Telah disebutkan bahwa motif parang bermakna kecerdasan, karena itulah sangat baik jika batik bermotif parang dikenakan oleh orang-orang yang sedang menuntut ilmu. Filosofi motif parang bisa bermakna ketajaman pemikiran dan pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s