antara kain katun dan katun kombed

Salah satu bahan pakaian yang paling terkenal di dunia adalah katun. Penggunaan kain katun ini sangat beragam, mulai dari kaos, kemeja, celana, hingga jaket.

Kain katun merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas. Tak heran, ketika terbakar, kain katun akan berbau seperti kertas atau kayu yang terbakar, dan akan menjadi abu.

Katun menjadi primadona di bidang tekstil karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, seperti tidak mudah kusut, tidah mudah luntur, gampang dicuci dan dirawat, menyerap keringat, tidak berbulu, dan nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Sekarang, dikenal pula variasi kain katun yang disebut combed cotton (katun kombed). Kain ini diproduksi dengan cara disisir (combed) yang bertujuan agar serat-serat kapas halus dapat dipisahkan sehingga kain yang dihasilkan lebih halus dan tidak berbulu.

Setidaknya ada dua jenis kain katun kombed, yaitu 20s dan 30s. Perbedaan keduanya hanya pada ukuran benang pembuatnya, katun combed 20s memakai benang berukuran 20s, sedangkan combed 30s berasal dari benang berukuran 30s. Selain itu, karena kain combed 30s hasilnya lebih tipis daripada kain combed 20s maka kain 30s akan lebih lemes. Meski demikian, dua jenis katun combed ini tidak terlalu kentara perbedaannya dan masih sering dipakai sebagai bahan kaos untuk konsumsi distro-distro di Indonesia.

One response to “antara kain katun dan katun kombed

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s