Mengikuti gerakan sekali bilas

Oooppss… judul ini terdengar seperti jargon salah satu iklan pencuci baju ya? Mungkin saja, karena dalam tulisan ini nantinya saya akan berbagi cerita mengenai manfaat memakai pewangi sekali bilas. Bukan berpromosi atau khusus membahas tentang pewangi sekali bilas yang iklannya dibintangi oleh Rina Gunawan tersebut, tapi tentang pewangi sekali bilas secara umum yang sekarang sudah banyak jenisnya di pasaran.

Menurut saya, hadirnya pewangi sekali bilas cukup membantu orang-orang yang mempunyai agenda rutin berupa mencuci baju, khususnya bagi mereka ibu-ibu rumah tangga. Hal ini tidak terlepas dari beberapa penghematan yang bisa dilakukan, jika dibandingkan mencuci dengan cara biasa. Berikut tiga alasan utamanya :

  • Hemat Air.

Mencuci dengan cara sekali bilas ini sangat menghemat air. Dalam ukuran mencuci perorangan, kita hanya membutuhkan tidak sampai dua ember air saja, satu ember untuk merendam pakaian dan satu ember lainnya untuk membilas cucian.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi lingkungan, karena dapat membantu mengurangi konsumsi air. Dengan demikian, setidaknya kita bisa sedikit berperan dalam program ‘save the water’, bukan?

  • Hemat Energi.

Hemat energi disini dapat berarti sebagai penghematan energi manusia, dan dapat pula berarti pengiritan energi listrik. Bagi mereka yang mencuci dengan tangan, tentu saja karena kita bisa menghemat tenaga dalam membilas cucian, tidak perlu hingga tiga sampai lima kali kucek-bilas. Sedangkan penghematan energi listrik bisa dilihat jika kita memakai mesin cuci, hanya dua kali memencet tombol spin dan sekali pencet tombol dry.

  • Hemat Waktu.

Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk kegiatan mencuci harian Anda? Bayangkan jika Anda memakai teknik sekali bilas, Anda bisa menghemat waktu hingga 70% setelah tidak perlu lagi membilas cucian berkali-kali hingga busanya hilang.

  • Hemat Biaya.

Satu liter pewangi sekali bilas terlihat lebih mahal dibanding pewangi biasa maupun pewangi essence. Tetapi, bandingkan dengan manfaatnya yang seabrek diatas, sepertinya harganya tidak akan berselisih banyak. Belum lagi, jika Anda juga menghitung penggunaan air dan listrik, bisa dipastikan harganya akan jauh lebih murah.

Akhirnya, memakai pewangi atau tidak, memakai yang sekali bilas atau tetap dengan cara lama, adalah pilihan bagi setiap orang yang mencuci. Yang jelas, pastikan pakaian Anda nantinya bersih setelah dicuci dan tidak bau apek, apalagi jika masih menimbulkan gatal.

Selamat mencuci !!

3 responses to “Mengikuti gerakan sekali bilas

  1. Emang tanan to isoh resik sabun e…? rung Nyobo seh. xixixixi
    But Nice Inpo… Laik dis.

    Salam Kenal
    Mbekonangers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s