pesona tamansari

Jalan-jalan keliling Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Dan Tamansari adalah salah satu tujuan wisata yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi.

Tamansari atau juga dikenal dengan nama Water Castle dulunya merupakan taman seluas 10 hektar di Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I.Β  Di taman tersebut, terdapat banyak bangunan berupa kolam pemandian, kanal air, lorong bawah air, jembatan gantung, masjid, maupun gedung.

Kompleks Tamansari dapat dikenali dalam tiga bagian besar, yaitu :

  1. Bagian Sakral
    Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.
  2. Bagian Kolam Pemandian
    Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.
  3. Bagian Pulau Kenanga
    Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah.

Dalam beberapa bagian, Tamansari adalah obyek wisata yang indah karena keelokan arsitekturnya masih dapat dirasakan hingga sekarang. Meskipun demikian, Tamansari yang kita lihat sekarang tidaklah sama dengan Tamansari pada masa lalu. Saat ini, banyak pula bangunan Tamansari dalam kondisi memprihatinkan dan tinggal reruntuhan saja, sehingga cukup disayangkan jika bangunan megah Tamansari hanya sebagian saja yang dapat benar-benar kita nikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s