Katanya Berpendidikan, Kok Rusuh?

GambarDemonstrasi alias unjuk rasa kerap dipakai sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat. Kegiatan di jalanan ini merupakan kekuatan ekstra parlementer yang bisa jadi bargaining bagi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai tak pro rakyat. Masih ingat tahun 1998 ketika demonstrasi para mahasiswa berhasil menggulingkan kekuasaan Soeharto? Hampir mirip dg empat belas tahun lalu, baru-baru ini unjuk rasa besar juga terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Bedanya, aksi sekarang digelar untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Sayangnya, aksi protes yang sekarang didominasi oleh para mahasiswa dan kaum buruh ini seringkali diwarnai kerusuhan. Khususnya demo yang dilakukan mahasiswa, di beberapa tayangan tivi, kerap kita lihat perilaku-perilaku ‘merusak’ yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Jujur, saya lebih salut ketika mereka demo dengan memperlihatkan aksi teatrikal. Meski pemerintah juga masih terlalu buta melihat dan memaknai aksi itu, tapi setidaknya kegiatan itu jauh lebih baik daripada harus melempar batu, merusak pagar, membakar ban, bahkan menjarah restoran !

Berekspresi dan mengungkapkan pendapat seolah sudah tergeser maknanya, ketika mahasiswa mulai berulah dengan aksi yang lebih dikuasai emosi daripada logika. Boro-boro aspirasi didengar, simpati dari masyarakat (yang katanya suaranya mereka wakili) pun justru tak ada lagi.

Semoga saja, sebagai kaum berpendidikan, para mahasiswa yang berdemo bisa lebih menggunakan akalnya agar tak mudah terprovokasi. Lebih penting lagi, belajar dari pengalaman para pendahulunya, semoga para demonstran yang vokal itu jika kelak punya β€˜jabatan’ bisa tetap kritis memperjuangkan hak-hak rakyat. Bukan jadi diam, tak lagi berkomentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s