Jatuh cinta pada senja

Senja. Entah kenapa saya begitu menyukainya. Mungkin karena semburat dan percampuran berbagai warnanya yang begitu memesona mata, mungkin juga karena saya bukan seorang yang rajin bangun pagi untuk menyaksikan matahari terbit. Padahal, senja itu seperti ambang, seperti batas dua dunia, ketika keriuhan siang terganti dengan malam yang membalut lelah. Senja selalu membuat saya merasakan sensasi aneh di hati, antara ketenangan, syukur, bahkan ketakutan.

Awalnya saya memang lebih tertarik dengan matahari terbit, yang menurut saya adalah simbol dari dibukanya hari yang baru, kerja keras, dan harapan. Tapi ya itu tadi, balik lagi ke kebiasaan buruk saya yang lebih sering menjadi morning sleeper yang tak sabar menunggu datangnya matahari dengan mata kepala sendiri, namun justru lebih menikmati sinar mentari yang terselip di antara jendela sebagai penghantar tidur. Jadilah saya penikmat senja, dengan segala rasa yang dibawanya. Awalnya iseng, lalu terbiasa, kini saya pun seolah menjadi pemburu senjadi tempat-tempat yang saya datangi.

Senja terindah? Sulit saya pastikan karena setiap senja selalu memberi kesannya sendiri-sendiri. Tapi, saya masih merekam jelas satu senja yang saya lihat di Kuta, Bali. Memang waktu itu saya tidak berhasil mengabadikannya dalam foto, tapi justru itu yang membuatnya selalu membekas. Ketika saya hanya benar-benar menikmati senja itu dengan beragam warna di langit yang mengiringinya. Waktu itu ada awan berarak, dengan langit berbagai warna, mulai dari biru, oranye, merah, ungu, hingga kelabu, lalu hitam dan berhias bintang-bintang. Momen itu semakin membekas karena saya menikmatinya dengan hening, duduk di atas pasir pantai,Β  sembari menikmati segelas kopi yang saya beli dari pedagang asongan yang baru saja lewat. Ada dua teman saya yang juga menikmati senja bersama saya waktu itu, tapi pikiran saya justru melayang asyik dengan sendirinya.

Bagi saya,Β  senja terlalu indah untuk digambarkan lewat kata-kata. Senja hanya perlu dilihat dan dirasakan untuk tahu betapa menggetarkan pesonanya.

20121214-234835.jpg

Pantai Segara, Bali.

20121214-234904.jpg

Mota’ain, Atapupu, NTT.

20121214-234946.jpg

Pantai LLBK, Kupang, NTT.

20121214-235018.jpg

Karimun Jawa, Jepara, Jateng.

20121214-235047.jpg

Surabaya, Jawa Timur.

20121214-235113.jpg

Pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta.

20121214-235228.jpg

Pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta.

20121214-234811.jpg

Timor Leste

 

senja di pelabuhan buleleng

Pelabuhan Buleleng, Bali

senja di balaikambang

Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah

senja di lovina

Pantai Lovina, Bali

 

Leave a Reply

