Escape to Karimun Jawa

karimunSiapa yang tidak tergoda bersantai di pantai berwarna biru dan berpasir putih, melihat sunset kemerahan, atau menyelam dan menyaksikan keindahan alam bawah laut yang dihiasi beraneka warna terumbu karang dan jenis ikan?

Saya akan memperkenalkan satu lagi alternatif wisata alam tropis di indonesia, yaitu Kepulauan Karimun Jawa.

Karimun Jawa terdiri dari 27 gugusan pulau dan terletak sekitar 83 kilometer di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan mengandalkan wisata bahari dan keindahan panoramanya, tempat ini bahkan ditahbiskan sebagai destinasi visit Jawa Tengah 2013 mendatang.

Anda tak perlu bingung menuju surga kecil ini, sebab sekarang sudah ada tiga kapal yang akan melayani penyeberangan anda setiap harinya.

Bagi anda yang bepergian sendiri atau rombongan, anda bisa mencoba kapal cepat Ekspress Bahari, yang berlayar setiap hari Senin, Selasa, Jumat, dan SabtuΒ  dari Jepara menuju Karimunjawa. Selain itu, kapal cepat Kartini juga siap menghantarkan anda menuju Karimunjawa dari Pelabuhan Semarang setiap hari Sabtu. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam jika menggunakan kapal cepat ini.karimun perahu

Soal transportasi, jangan khawatir tak bisa kemana-mana selama di Karimun Jawa. Di sana, anda bisa menyewa motor dengan tarif 60 ribu rupiah per hari atau sewa mobil seharga 300 ribu per hari.

Bagi anda yang ingin membawa kendaraan sendiri, penyeberangan menuju Karimun Jawa akan dilayani setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu dengan menggunakan kapal feri Muria.

Selama di Karimun Jawa, anda bisa menginap di homestay seharga 60 ribuan per malam hingga resor yang bertarif ratusan dolar Amerika.

Sewa perahu untuk berkeliling dari pulau ke pulau di Karimun Jawa pun bisa anda nikmati dengan tarif 300 ribu untuk perahu kayu berkapasitas 6-10 orang, hingga 500 ribu untuk perahu boat dengan kaca, berkapasitas 8 orang. Sewa tersebut adalah harga yang harus anda bayar untuk menjelajah kepulauan Karimun Jawa selama 8 hingga 12 jam, tergantung nego anda dengan si pemilik kapal.

karimun peopleSebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di Karimun Jawa, pemerintah daerah setempat mewajibkan anda menyewa tur guide untuk menemani anda berwisata. Aturan ini berlaku jika anda menggunakan jasa biro wisata atau paketan tur on the spot. Per sepuluh orang pengunjung, anda wajib ditemani satu orang tur guide. Untuk jasa ini, anda harus membayar sekitar 100 ribu rupiah.

Bagi anda yang tak mau repot merencanakan liburan secara mendetail, anda bisa mengikuti paket tur yang banyak disediakan biro travel di Karimun Jawa. Tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, paket tur plus akomo

dasi lengkap selama 3 hari 2 malam di Karimunjawa bisa dinikmati seharga 600 ribu saja. Cara ini tentu paling cocok bagi anda yang baru pertama kali berlibur di Karimunjawa dan tak ingin merogoh kocek terlalu dalam.

hi karimun

Selamat datang di Karimun Jawa

Yang pasti, hindari mengunjungi Karimunjawa di musim penghujan, terutama di bulan Desember dan Januari. Jangankan berlibur dengan senang, cuaca yang kurang bersahabat dan angin kencang di bulan-bulan tersebut justru bisa membuat anda terjebak di pulau dan tak bisa beranjak kemana-mana.

Sebagai gantinya, Β anda bisa memilih bulan Maret hingga September sebagai waktu terbaik untuk mengeksplorasi tempat yang sekarang dikunjungi hampir 4 ribu wisatawan per minggunya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s