Berbagi Keakraban lewat Dansa Tebe

“Jangan pulang dulu sebelum merasakan dansa tebe di sini.” Begitulah kira-kira yang saya tangkap saat mengunjungi Atapupu pada akhir Oktober silam. Penasaran? Jelas. Dansa merupakan salah satu budaya khas orang-orang Timor dan bisa melihat mereka berdansa secara langsung tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan. Tapi, kalau harus ikut berdansa juga? Waduh, tunggu dulu. Saya memang suka film-film bertema tari, saya suka melihat orang menggerakkan badannya mengikuti irama, tapi sungguh saya tidak bisa menari.

Dansa Tebe, begitu mereka menyebutnya, seringkali ditarikan dalam setiap perayaan, penyambutan tamu, atau sekedar kumpul-kumpul. Inilah tarian rakyat yang menyimbolkan keakraban, kegembiraan, dan kehangatan khas Timor. Dalam sebuah perayaan di Paroki Atapupu, pertama kalinya saya melihat banyak orang begitu gembira berdansa tebe bersama. Anak-anak, orang tua, muda-mudi, bahkan Romo pun ikut menari. Tidak pandang usia maupun jabatan. Sangat menarik bukan, ketika sebuah tarian bisa meleburkan masyarakat dalam suasana yang cair dan bersahabat. Mengamati mereka yang berdansa tebe membuat saya tersenyum senang. Gerakan demi gerakan kaki dengan pola-pola tertentu, diiringi dengan musik yang rancak, membuat kaki tak sadar ikut bergoyang-goyang sendiri.

Jika hanya melihat, dansa tebe seperti mudah dilakukan. Tapi, saat mencoba sendiri, yang ada saya seringkali salah melangkahkan kaki, padahal saat itu saya langsung dibimbing oleh Romo Yoris dan diberi aba-aba hitungan olehnya hahahaa..

Satu kunci yang mungkin harus benar-benar dipegang saat berdansa tebe adalah jangan pernah memikirkan kemana anda harus bergerak, lebih baik dengarkan saja irama musiknya, langkahkan kaki, dan bergembiralah. Toh, yang penting dari dansa ini adalah keakraban, bukan penilaian seberapa pandainya anda menari.

So, are you ready to share some joy through this dance?

Leave a Reply

