Hai, Resolusi !

indexResolusi. Inilah kata yang paling populer digunakan tiap menjelang pergantian tahun. Resolusi seperti harapan, cita-cita, mimpi yang harus dikejar. Resolusi berarti target. Resolusi adalah perubahan yang ingin dicapai, hasil dari introspeksi perjalanan setahun sebelumnya. Resolusi dapat pula berarti pekerjaan rumah yang tertunda atau belum selesai.

Itu arti resolusi dalam pikiran saya. Iseng, saya bandingkan dengan arti resolusi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Beginilah ternyata :

resolusi re.so.lu.si
[n] putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu — yg akan diajukan kpd pemerintah

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/resolusi/mirip#ixzz2GnxvYrnn

Ooops ada yang berbeda di sini, antara pengertian saya pribadi dan orang-orang mengenai resolusi jika dibandingkan dengan arti yang ditulis dalam kamus bahasa kita. Yaps, penekanan pada kata musyawarah atau rapat dan adanya pemerintah di situ. Mungkinkah resolusi mengalami pergeseran pengertian menjadi seperti yang tertanam dalam otak saya selama ini? Ah, jujur saya tidak mau terlalu peduli. Mungkin saya hanya menyimpulkan dari apa yang saya ketahui secara sempit. Bahkan beberapa orang pun mengartikan resolusi sembari bercanda. Apa resolusi kamu? Resolusi saya di tahun ini 1300 x 2500 pixel, katanya.

Saya kadang tak mengerti kenapa tahun baru identik dengan resolusi. Apa karena angka baru sehingga orang-orang seperti terkena setrum apa-apa harus baru? Toh, sebenarnya bagi saya hari-hari berikutnya juga sama saja, masih satu jalur dengan ritme yang dijalani selama ini. Bukan yang benar-benar new beginning after something really closed, sehingga apa yang terjadi kemudian adalah kelanjutan dari rutinitas kita.

Saya pribadi lebih menyukai target berdasarkan proyek yang sedang saya kerjakan. Kalau mau lebih global, saya lebih suka menandainya dalam titik-titik tertentu, pas saya ulang tahun misalnya. Tapi bukan berarti saya anti beresolusi saat tahun baru. Buat seru-seruan sih iya. Selanjutnya sih saya lebih suka bilang : Hey new year, I dare you to surprise me ! Ya, saya suka kejutan, apalagi yang menyenangkan. Ini yang membuat hidup lebih hidup hahahaa.. Lagipula, saya yakin Tuhan sudah memiliki rencana-Nya yang terindah bagi saya.

Oke, kalau tadi saya bilang tidak antipati, berarti saya harusnya punya bayangan apa yang saya inginkan tahun ini. Tentu saja. Saya mau bahagia dan lebih banyak berkarya. Bahagia dengan rejeki yang lancar dan kesehatan. Bahagia dengan orang-orang tercinta di sekeliling saya. Bahagia dengan mencintai dan dicintai, serta berbagi kisah. Bahagia bertemu orang-orang baru dan belajar banyak pengalaman baru, petualangan baru. Dan berkarya untuk Indonesia, memaksimalkan bekal yang saya punya selama ini dan mewujudkan semua ide yang ada di otak saya. Tak boleh ketinggalan, I wanna travel more !! Berkeliling mengunjungi banyak tempat di Indonesia maupun di Asia Tenggara, entah dengan alasan on duty ataupun biaya sendiri. Menyenangkan bukan?

Sekali lagi, meski punya keinginan, saya lebih suka membiarkan takdir member kejutan indahnya untuk hidup saya. Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

