PR Pekerja TV : Mencari Gambar Bercerita

retro-tvSeiring perkembangan teknologi, media sosial dan website berita on line menjadi andalan masyarakat untuk mendapat maupun menyebarkan informasi. Apa lagi alasannya selain kecepatan dan akses internet yang mudah serta dapat dilakukan dimana saja. Namun tetap saja, perkembangan media yang satu ini masih belum dapat mengalahkan televisi.

Ya, televisi masih menjadi magnet nomer satu bagi masyarakat dalam mencari hiburan dan berita. Media ini memiliki kekuatan berupa gambar dan narasi sehingga masyarakat dapat menikmati berbagai informasi secara lebih nyata, seolah melihat kejadiannya sendiri.

Memiliki kekuatan audio-visual bukan berarti televisi bisa jumawa. Mereka yang terlibat di industri penyiaran televisi, terutama news tentu harus memikirkan bagaimana caranya mengemas sebuah tayangan hingga menjadi menarik, tajam, tanpa harus bertele-tele. Rangkaian gambar yang ditayangkan di televisi haruslah bisa bercerita tentang suatu tema atau peristiwa, meski memiliki durasi terbatas. Karena itulah, mengetahui apa yang ingin ditampilkan dan mensinkronkannya dengan memahami filosofi suatu gambar, pengetahuan bagaimana fungsi ENG (electronic news gathering), komposisi, hingga camera movement menjadi suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Visual bisa bercerita dan terkadang ini menjadi jiwa dari sebuah tayangan televisi. Tapi, yang juga tak boleh dilupakan adalah narasi. Teks menjadi penting untuk memperkuat gambar, apalagi jika kita juga memposisikan diri sebagai pemirsa yang tak bisa selalu berada di depan layar televisi. Membuat naskah yang baik tentu bukan perkara mudah, narasi televisi dibuat dalam bahasa bertutur dan sebisa mungkin tidak mengulang apa yang sudah ditampilkan gambar. Sebuah naskah harus dilengkapi data-data yang belum ada dalam tayangan visual. Selain itu, jika diperlukan kita bisa menambahkan grafis sebagai salah satu langkah agar penonton bisa menangkap informasi yang kita sajikan secara lebih lengkap dan mendalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s