Eksotisme Tenun Baduy

Anak perempuan Baduy Luar sudah terbiasa diajarkan menenun kain sejak kecil.

Anak perempuan Baduy Luar sudah terbiasa diajarkan menenun kain sejak kecil.

Kearifan lokal masyarakat Baduy tak hanya tercermin melalui interaksi mereka sehari-hari, tapi juga tergambar melalui helaian kain tenun. Keeksotisan karya warga Baduy ini bahkan telah diakui hingga ke manca negara.

Menenun merupakan salah satu keterampilan turun-temurun para perempuan Baduy. Tradisi ini masih berlangsung hingga sekarang. Umumnya, sejak usia belia, mereka diajarkan menenun oleh ibu atau kerabatnya. Beberapa penelitian bahkan sempat menyebut seni ini telah dilakukan sejak suku Baduy tinggal di balik Gunung Kendeng, yang saat ini merupakan wilayah Desa Kanekes, Banten.

”Anak perempuan di sini harus bisa menenun. Saya baru belajar beberapa minggu. Untuk membuat satu syal, saya perlu waktu sekitar 2 minggu,” kata Jani (10) yang saya temui siang itu di kawasan Baduy Luar.

Kain tenun Baduy awalnya dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan pakaian warga Baduy secara mandiri. Berdasarkan warna dan tenunannya, kain ini pun menjadi penegas identitas adat yang membedakan orang Baduy Luar dengan Baduy Dalam. Sejak pertengahan tahun 80-an, seiring perkembangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat Baduy, kain tenun ini kemudian berubah menjadi produk yang diperjual-belikan pada masyarakat luas.

Tenun Baduy memiliki kekhasan tekstur kain yang kasar dan mengandalkan benang kapas warna hitam atau hitam bergaris putih. Namun demikian, saat ini, kreasinya telah dibuat dengan beragam motif maupun material. Tenun ini biasanya diproduksi dalam berbagai ukuran dan fungsi, yaitu sebagai syal, selendang, dan kain samping atau sarung. Harga yang ditawarkan bervariasi antara 35 ribu hingga 250 ribu rupiah per lembar, tergantung pada kerumitan corak, ukuran, dan warnanya. Tenunan ini seringkali menjadi pilihan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Baduy Luar maupun Baduy Dalam. Selain tenun, warga Baduy juga menjual madu, pernik kerajinan, dan berbagai aksesoris yang terbuat dari benang akar, seperti tas dan gelang.

One response to “Eksotisme Tenun Baduy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s